Pengertian Prestasi dan Potensi Diri

Okey gaes pada pertemuan kita kali ini akan membahas tentang Apa itu prestasi dan apa itu potensi , sebelum saya membahas tentang hal itu , yuk kita simak uraian singkat tentang pengertian prestasi dan potensi.
Prestasi diri
[sumber gambar: kakibola-my.blogspot.com]

Apa itu Prestasi ?

Pernahkah kamu mendengar kata prestasi, atau mungkin pernah membaca sesuatu yang memuat tentang prestasi ? Dan mungkin anda pernah bertanya apa itu prestasi ? menurut saya sendiri prestasi adalah suatu pencapaian akan sesuatu yang sudah kita raih/proleh yang sebelumnya kita canangkan atau tentukan, dimana yang membuat kita terharu akan pencapaian yang sudah kita tentukan dan meraih ketenaran, pengakuan, penghargaan serta pujian yang diberikan kepada kita.
Siapa yang tidak senag di panggil berprestasi ? Jujur saya juga mau dipanggil berprestasi, hehehe. Menurut ajaran yang berkembang prestasi dapat dibagi menjadi tiga yaitu:

#1. Prestasi Akademis.

Prestasi akademis adalah hasil pembelajaran yang diperoleh dari kegiatan belajar di sekolah maupun perguruan tinggi , dimana biasanya orang yang berprestasi disini dapat di tentukan melalui pengukuran dan penilaian.


#2. Prestasi Belajar.

Prestasi belajar adalah suatu penguasaat terhadap bidang yang disukai atau ditentukannya , yang dikembangkan melalui mata pelajaran disekolah. Prestasi ini biasanya dapat diukur melalu tes dan hasilnya berupa nilai.


#3. Prestasi kerja.

Prestasi kerja adalah suatu hasil yang diperoleh oleh karyawan atau pegawai melalui pekerjaan yang diberikan kepadanya atau dibebankan kepadanya. Biasanya berupa pujian, penaikan gajih serta pengakuan dari penyuruh,bos atau petinggi dari perusahaan atau toko.

Terkadang meraih prestasi itu gampang - gampang susah, kenapa saya bilang gampang - gampang susah ? Karena meraih prestasi itu kita perlu yang namanya potensi.
Potensi diri
[sumber gambar: arbain-sempadian.blogspot.com]

Apa itu potensi ?

Nah terus apa itu potensi ? Secara garis besar dan secara otodidak potensi adalah Kempampuan dan kualitas diri yang dimiliki oleh seseorang, namun mereka belum tahu bagaimana cara mengembangkannya dan belum dipergunakan secara maksimal. Dengan begitu kita harus mengasah dan mengembangkannya secara maksimal agar meraih yang namanya prestasi.
Selain itu ternyata setiap potensi yang dimiliki oleh seseorang itu berbeda, itu karena faktor idealisme serta kesukaan terhadap sesuatu. Seperti contoh ada yang berpotensi dalam bidang menggambar, catur, sepak bola, game, nulis, ngarang, dan masih banyak lagi. Dimana mereka berusaha agar mencapai tujuan utamanya yakni pengakuan dari seseorang. Selain itu ternyata potensi di bedakan menjadi 5 (lima) apa sajakah itu ?

#1. Potensi mental spiritual.

Potensi mental spiritual adalah sebuah potensi kecerdasan yang berada dalam diri seseorang berhubungan dengan kearifan diluar ego manusia atau diluar jiwa.


#2. Potensi fisik.

Potensi fisik merupakan organ fisik yang dipergunakan atau diperdayakan untuk membantu dalam melakukan aktifitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti contoh: mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, otak untuk bepikir dan sebagainya. Dengan memanfaatkan semua itu ternyata kita dapat meraih prestasi, seperti fungsi otak untuk berpikir,mengingat,dll. Dengan mengembangkannya maka peluang untuk meraih prestasi cukup besar.


#3. Potensi Intelektual.

Potensi intelektual adalah potensi kecerdasan yang dimiliki seseorang yang berada pada otak, terutama otak sebelah kiri. Berfungsi untuk menghitung,menganalisa, merencanakan sesuatu, dan sebagainya.


#4. Potensi Sosial Emosional.

Potensi sosial emosional adalah potensi kecerdasan yang dimiliki seseorang yang berada didalam otak, terutama otak sebelah kanan. Berfungsi untuk memotivasi, berbicara, mengendalikan amarah, dan sebagainya.


#5. Potensi ketahanmalangan.


Potensi ketahanmalangan adalah potensi kecerdasan yang digunakan dalam diri seseorang. Berfungsi untuk mendorang diri sendiri untuk maju, daya juang tinggi, berpikir, dan sebagainya.
Nah itulah beberapa pengertian dan macam - macam prestasi dan potensi diri , sekian semoga dapat membantu anda, eits. . . Tunggu dulu apakah anda tahu penjelasan apa perbedaan potensi dan prestasi ? hah belum, njirr. Oke biar kamu tahu silakan kamu simak uraian berikut. Perbedaan potensi dan prestasi terletak pada tingkat kesenangan dan emosional, yaitu orang yang berprestasi sudah tentu memiliki potensi dan biasana sudah mencapai tujuannya dan memiliki rasa senang yang cukup tinggi, sedangkan orang yang berpotensi belum tentu berprestasi, ingat belum tentu. Biasanya orang yang berpotensi masih giat mengasah dan mengembangkannya menjadi prestasi. Nah segitu saja uraiannya, semoga bermanfaat terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Prestasi dan Potensi Diri"

Posting Komentar